PTPN VIII Ekspor Teh Celup Premium USD36 Ribu ke Kanada

PTPN VIII Ekspor Teh Celup Premium USD36 Ribu ke Kanada

PTPN VIII Ekspor Teh Celup Premium USD36 Ribu ke Kanada (Dok.MNC )

 

IDXChannel – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII melakukan ekspor perdana teh celup ke Kanada senilai lebih USD36.000.

Manajer Industri Hilir Teh (IHT) PTPN VIII, Sugama mengatakan, volume ekspor teh celup dengan merek Walini tersebut mencapai 1.070 master carton atau satu kontainer.

“Ekspor perdana Teh Walini ke negara Kanada ini memiliki nilai sebesar USD36.569,90  dengan empat varian Teh Walini premium, yakni teh celup black tea, green tea, lemon tea, dan jasmine tea,” tutur Sugama dalam keterangan resminya, Senin (22/2/2022).

 

Menurut Sugama, Teh Walini kualitas premium ini disebar ke 500 outlet Loblaws Superstore yang ada di seluruh Kanada.

Lebih lanjut Sugama menjelaskan, PTPN VIII merupakan perusahan perkebunan teh terbesar dan terluas di Indonesia. Perkebunan teh PTPN VIII, kata Sugama, terletak di wilayah dengan ketinggian antara 600-2.000 meter di atas permukaan laut.

 

Dengan iklim tropis di wilayah agro tersebut, maka teh yang ditanam memiliki rasa, warna, dan aroma yang khas Tatar Parahyangan serta rasa teh yang eksklusif dan banyak diminati oleh pelanggan di pasar dunia.

 

“Salah satunya negara Kanada yang telah membeli Teh Walini produk dari PTPN VIII melalui perusahaan Afod Ltd dan Perusahaan Marketing Agent ini,” terang dia.

Sugama menambahkan, gebrakan ekspor Teh Walini ke Kanada sudah dimulai dalam kegiatan Trade Expo yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan pada Oktober 2021 lalu yang ditandai dengan pelaksanaan penandatanganan MOU antara PTPN VIII dengan Afod Ltd.

 

“Ekspor Teh Walini ini dilakukan secara simbolis oleh PTPN VIII kepada perusahaan Afod Ltd dan disaksikan langsung Menteri BUMN, Erick Thohir di Kebun Gedeh,” sebut Sugama.

 

Pihaknya berharap, kehadiran Teh Walini di pasar teh premium dunia dapat turut mengangkat nama Indonesia, termasuk produk Indonesia lainnya, khususnya teh.

 

(IND)

 

Sumber Berita :
https://www.idxchannel.com/economics/ptpn-viii-ekspor-teh-celup-premium-usd36-ribu-ke-kanada/2

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *