Balitbangtan Lakukan Kerjasama dengan PTPN VIII

Balitbangtan Lakukan Kerjasama dengan PTPN VIII

BANDUNG – Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Kabupaten Bandung di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung pada hari Jumat, (9/01/2019). Dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengembangan Komoditas Perkebunan dan Bahan Bakar Nabati (BBN) antara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Dr. Fadjry Djufry dengan Direktur Utama PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Wahyu. Acara ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Ruang lingkup kegiatan dari PKS ini meliputi komoditas perkebunan yaitu 1). Pengembangan komoditas kopi, kakao, karet, teh dan tanaman penghasil Bahan Bakar Nabati (BBN); 2). Riset dan pengembangan biodiesel dari bahan Crude Palm Oil (CPO) dan tanaman perkebunan penghasil bahan bakar nabati lainnya; 3). Penyediaan benih unggul komoditas perkebunan; 4). Bimbingan teknis dan pendampingan inovasi teknologi perkebunan; 5). kegiatan lain yang disepakati kedua pihak.
Kerjasama ini juga sebagai wadah pemanfaatan benih unggul hasil penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sehingga dapat dirasakan langsung oleh petani. Bimbingan teknis yang diberikan juga akan mengedukasi petani dalam pemanfaatan inovasi teknologi perkebunan. Mengoptimalkan dan mensinergikan kemampuan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak dalam rangka pengembangan tanaman perkebunan dan bahan bakar nabati.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *