Siapa Pemilik PalmCo? Calon Perusahaan Sawit Terbesar Dunia

Siapa Pemilik PalmCo? Calon Perusahaan Sawit Terbesar Dunia

Foto: Layar monitor menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan saham. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Sub Holding perusahaan perkebunan milik negara, yaitu PalmCo berencana untuk melepas sahamnya ke pasar modal Tanah Air. PalmCo sendiri merupakan sub holding bidang kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III.

PTPN saat ini memiliki lahan sawit seluas 500.000 hektar (ha). Perusahaan kemudian bakal mengkonversi 200.000 ha lahan karet menjadi kelapa sawit.

Lahan tersebut kemudian bakal dikonsolidasikan ke PalmCo. Proses konsolidasi diharapkan rampung pada Oktober tahun ini.

“Sehingga, proses persiapan IPO bisa dimulai tahun depan. Mudah-mudahan antara kuartal II-2023 atau kuartal III-2023,” ujar Direktur Utama PTPN Mohammad Abdul Ghani, dikutip Selasa (23/8/2022).

Ia menambahkan, perusahaan menargetkan mampu meraup dana segar Rp 5 triliun hingga Rp 10 triliun melalui IPO. PTPN bahkan sudah menunjuk Mandiri Sekuritas dan McKinsey sebagai penasihat aksi korporasinya tersebut.

Sejalan dengan IPO, perusahaan diharapkan menjadi lebih leluasa untuk ekspansi. PTPN III tengah digiring untuk menjadi perusahaan kelapa sawit terbesar di dunia dengan memproduksi sebanyak 1,8 juta ton per tahun. Langkah yang dilakukan yaitu dengan melakukan konversi lahan karet untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng dalam negeri.

“Kita sudah masuk Proyek Strategisnya Nasional target yang dicapai PTPN 1,8 juta ton olein per tahun pada 2026. Isu minyak goreng kita sudah tau kita sulit. Kebutuhan 5,7 juta ton. Kalau kami bisa capai 1,8 juta ton bisa sepertiga kebutuhan nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, jika perseroan mampu mencapai target tersebut, maka untuk 80% kebutuhan minyak goreng masyarakat menengah ke bawah dapat terpenuhi.

 

Sumber Berita :

https://www.cnbcindonesia.com/market/20220823085805-17-365791/siapa-pemilik-palmco-calon-perusahaan-sawit-terbesar-dunia

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *