13 Dirut BUMN Beri Kuliah Umum di Unpad

13 Dirut BUMN Beri Kuliah Umum di Unpad

Sebanyak 13 direktur  utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) se Indonesia akan memberikan kuliah kepada civitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad). Kegiatan itu akan dikemas dalam acara seri kuliah umum yang digelar  pusat unggulan BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE) pada 20 Februari hingga 6 Maret mendatang.

Selama dua minggu, 13 Dirut dari BUMN akan memberikan kuliah  mengenai berbagai capaian dan strategi yang dilakukan mereka dalam mengelola perusahaan.  “Acara ini digelar untuk menginspirasi mahasiswa mengenai “seni kepemimpinan” yang dilakukan para Dirut  tersebut,” kata Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si, seperti dikutip dari laman resmi Unpad (16/02/2019).

Adapun Dirut BUMN yang akan mengisi kuliah umum itu antara lain, Dirut PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Dirut Bank Rakyat Indonsia (BRI) Suprajarto, Dirut PT. Inti Darman Mappangara, Dirut PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Elfien Goentoro, Dirut PT. Pos Indonesia (Persero) Gilarsi Wahju Setiono, dan Dirut PT. Pegadaian (Persero) Kuswiyoto.

Selanjutnya, Dirut PT. Pertani (Persero) Febriyanto, Dirut Perum Perhutani Denaldy M. Mauna, Dirut PT. Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Dirut Bank Negara Indonesia (BNI) Achmad Baiquni, Dirut PT. Perkebunan Nusantara VIII  Wahyu, Dirut PT. Pindad (Persero) Abraham Mose, dan Dirut PT. Bio Farma Rahman Roestan.

Menurut Keri, kuliah ini juga merupakan upaya untuk mendekatkan mahasiswa dengan kondisi riil seputar BUMN. Dihadirkannya Dirut BUMN dari berbagai sektor kerja diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa terhadap bagaimana proses bisnis yang dijalankan di masing-masing sektor.

“Silakan manfaatkan, ikuti, dan dapatkan pengalaman yang berharga. Ini adalah salah satu sarana untuk memetik pelajaran berharga bagaimana para CEO ini mengatasi masalah dengan sebaik-baiknya,” papar Keri.

Sementara itu Ketua Pusat Unggulan Unpad-BCE Prof. Dr. Ernie Trsinawati Sule, M.Si., mengatakan, dari sisi akademis, seri kuliah umum ini bertujuan untuk menyampaikan berbagai data dan fakta seputar pengelolaan BUMN. Ia menilai, saat ini banyak isu berkembang yang menyoroti tentang kinerja BUMN.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini mengatakan, saat ini berkembang beragam isu menyoroti kinerja BUMN dengan sumber atau data yang tidak jelas. Hal ini berdampak pada citra BUMN maupun Kementeriannya. Dengan secara langsung disampaikan oleh pimpinan tertinggi, mahasiswa akan mengetahui bagaimana kinerja masing-masing BUMN.

“Sehingga kita punya optimisme terhadap BUMN,” kata Prof. Ernie.

Hadirnya sejumlah pimpinan BUMN ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi dengan Unpad. Ada kolaborasi efektif antara dunia kerja dan pendidikan tinggi, seperti memberikan kesempatan magang, program beasiswa, hingga penyediaan fasilitas perkuliahan.

Lebih lanjut Prof. Ernie menjelaskan, seri kuliah umum Dirut BUMN ini merupakan pembuka rangkaian program “BUMN Festival” yang digelar Unpad-BCE. Setelah kuliah umum ini, pihaknya akan menggelar kegiatan “BUMN Digipreneur”  dengan sasaran pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“BUMN berperan membantu UMKM dan membantu pemasaran global,” kata Prof. Ernie.

13 Dirut BUMN Beri Kuliah Umum di Unpad

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *