Wayang Windu Panenjoan(WWP) PTPN VIII menjadi icon wisata baru di Jawa Barat

Wayang Windu Panenjoan(WWP) PTPN VIII menjadi icon wisata baru di Jawa Barat

Pangalengan, Kabupaten Bandung terkenal dengan wisata alam yang sangat indah, hamparan pemandangan kebun teh yang menyejukkan mata menjadi daya Tarik tersendiri bagi yang melintasi kebun teh tersebut.  Namun apabila ingin melihat hamparan kebun the tersebut dari atas, kita dapat pergi ke salah satu destinasi favorit disana, ialah Wayang Windu Panenjoan yang berada di ketinggian sekitar 1800 mdpl. Wayang Windu Panenjoan atau disingkat WWP memiliki hamparan kebun the hijau yang sangat indah dan sejuk dipandang.

Wayang Windu Panenjoan merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola warga asli daerah Kertamanah, Pangalengan. Letaknya ada di Kebun Teh Kertamanah yang memiliki luas mencapai 13 hektar. WWP yang berdiri pada bulan November 2019 ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00.  “Panenjoan itu selayang pandang, penglihatan. Jadi sejauh mata memandang, keasrian yang terlihat, kesejukan, kenyamanan, bikin hati happy,” ucap salah satu pengelola wisata WWP.

Untuk harga tiket masuk WWP pengunjung wajib membayar 10,000 Rupiah untuk satu orang dan untuk harga parkir dikenakan 3,000 Rupiah untuk satu unit motor dan 10,000 Rupiah untuk satu unit mobil. Lalu pengunjung dapat mencoba jembatan kebun the yang merupakan icon dari tempat ini,  Jembatan ini berada di atas hamparan kebun teh dengan panjang sekitar 100 meter. Pemandangan yang tersaji dari atas jembatan sungguh sangat menakjubkan.

Namun belum lengkap rasanya apabila belum melihat sunset dari WWP, Lokasi Wayang Windu Panenjoan merupakan lokasi yang tepat untuk melihat indahnya sunset. Jembatan merupakan area yang tepat untuk menunggu dan melihat sunset.

“Kondisi jalan untuk menuju WWP sendiri sudah sangat bagus dan aman untuk dilalui semua jenis kendaraan. Termasuk bus besar” kata Deru Pengelola WWP, “sudah bisa mengakses jalan menuju Wayang Windu Panenjoan dengan aman dan nyaman” tutupnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *