Awali Pagi Dengan Secangkir Teh dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat Ini

Awali Pagi Dengan Secangkir Teh dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat Ini

Jakarta – Selain kopi, teh banyak dipilih orang di dunia untuk mengawali hari. Selain beraroma harum dengan rasa khas, teh juga punya khasiat sehat.

Di Indonesia teh yang populer adalah jenis teh hitam atau black tea. Teh hitam bisa berupa teh daun dan teh kantong atau teh celup. Teh yang berasal dari tanaman Camilia sinensis ini sejak ratusan tahun silam dipercaya berkhasiat sehat.

‘ Teh yang berasal dari tumbuhan Camelllia sinensis mengandung antioksidan yang dikenal sebagai catechins, yang terpenting epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan ini mengurangi radikal bebeas dalam tubuh dan mengurangi peradangan,’ jelas ahlo orthopedo dari Ohio, Anthony Kourl, MD seperti dilansir Foxnews (18/8).

Jika diminum rutin, tanpa tambahan gula teh yang diseduh dari daun tanaman teh Camellia sinenesis akan memberikan 5 manfaat sehat ini.

  1. Mengurangi risiko kanker

    Kanker menjadi penyakit mematikan di dunia. Selain jenisnya makin banyak juga menyerang orang-orang berusia muda atau produktif. Kandungan antioksidan dalan daun teh bisa menurunkan risiko kanker tertentu.

    ‘ Efek menguntungkan ditemukan pada kanker kulit, prostat, paru-paru dan payudara,’ ungkap Uma Naido, MD, Director of Nutritional and Lifestyle Psychiatry di Massachusetts General Hospital and Faculty, Harvard Medical School. Jenis teh yang berbeda akan memberi dampak pada kanker yang berbeda pula. Minum teh merupakan cara mudah mencegah kanker.

  2. Kulit lebih sehat

    Khasiat teh terhadap kesehatan kulit sudah dipercaya sejak berabad silam oleh masyarakat China. Minum teh secara teratur akan mengurangi risiko kanker kulit secara signifikan. Care menyeduh teh juga memberi pengaruh berbeda.

    ‘Teh hitam panas akan membantu squamous carcinoma pada kulit,’ ujar Dr. Naidoo. Teh panas memberi efek lebih menguntungkan daripada es teh. Cara menyeduhpun bisa memberi pengaruh yang berbeda.

  3. Mengurangi risiko diabetes

    Diabetes kini juga mengintai anak-anak muda karena kebiasaan mereka mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat manis. Apalagi tak diimbangi dengan konsumsi sayura dan buah serta olahraga.

    Minum teh hitam tanpa gula setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Karena teh bisa mengontrol kadar gula darah setelah makan. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam mampu menurunkan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

  4. Memperkuat gigi

    Banyak orang takut minum teh hitan setiap hari. Karena teh bisa membuat gigi menjadi kecokelatan. Tetapi berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang bisa mengurangi gigi berlubang karena bakteri pada mulut. Minum teh hijau setiap hari juga bisa mengurangi lubang gigi makin parah.

  5.  Membuat tidur lebih baik

    Untuk membuat tidur lebih nyenayk banyak orang mengonsumsi susu hangat. Jika tak ingin menambah asupan kalori dari susu, kamu bisa minum teh sebelum tidur. Menurut studi terpadu Medicine Research, minum secangkir teh dapat memperbaiki kualitas tidur. Terutama pada mereka yang menderita insomia menengah hingga ringan. Karena teh juga mengandung kafein meski dalam jumlah kecil maka tak dianjurkan minum teh berlebihan menjelang tidur.

https://food.detik.com/info-sehat/d-4674546/awali-pagi-dengan-secangkir-teh-dan-dapatkan-5-manfaat-sehat-ini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *