Wisata Alam Bukit Jamur yang Instagramable

Wisata Alam Bukit Jamur yang Instagramable

Jawa Barat punya destinasi wisata alam yang berlimpah. Selain wisata alam, kawasan ini juga memiliki destinasi wisata man-made yang tak kalah menarik. Salah satunya adah Wisata Alam Bukit Jamur Ciwidey.

Kesegaran dan suasana yang sejuk menjadi suguhan saat memasuki tempat ini. Maklum, Tempat ini terletak di dataran tinggi Bandung Selatan (Ciwidey) yang dikenal dengan udaranya yang sejuk karena berada di kaki Gunung Tilu dan Patuha. Pohon-pohon cemara kerdil  menjadi ciri khasnya dan bentuknya juga unik lantaran oleh masyarakat yang mengelola, pepohonan itu dibentuk menyerupai jamur.

Awalnya, kawasan ini bukanlah tempat wisata. Itu adalah sebuah perkebunan teh milik PT.Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) Unit Rancabolang yang banyak ditumbuhi banyak pohon cemara. Lantaran strategis, lokasi terebut kemudian disulap menjadi tempat wisata yang menarik. Uniknya, pabrik yang dikelola PTPN VIII ini juga sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda, sehingga ada beberapa rumah dengan gaya arsitektur Belanda di sekitar Bukit Jamur ini.

Jalan-jalan setapak pun dibangun. Ada pula gazebo dan jembatan kayu yang cocok untuk berfoto. Bahkan saking uniknya, kawasan ini kerap menjadi lokasi pemotretan prewedding. Namun baiknya untuk datang kesini pada saat siang hari untuk mendapatkan foto yang indah.

Layaknya tempat wisata pada umumnya, Wisata Alam Bukit Jamur Ciwidey telah dilengkapi berbagai fasilitas. Ada toilet dan warung-warung yang menjual beragam makanan. Ada pula Musholla agar pengunjung tak perlu meninggalkan kebawjibannya saat berkunjung di tempat ini.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB. Untuk wisatawan yang ingin menikmati eksotisme tempat wisata ini, cukup menempuh perjalanan 57 Kilometer atau 2 jam perjalanan dari Kota Bandung. Jangan lupa membeli tiket masuk seharga Rp. 5000 ribu perorang. Sementara biaya parkir kendaraan beroda dua adalah Rp2 ribu.

https://indopos.co.id/read/2019/02/09/164871/ciwidey-yang-instagramable

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *