Pemandangan Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Bandung, Best View di PTPN VIII

Pemandangan Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Bandung, Best View di PTPN VIII

Banyak unit perkebunan teh di kawasan Pangalengan, Kabupaten BandungJawa Barat, memiliki pemandangan sangat indah.

Salah satunya, adalah pemandangan perkebunan teh Malabar, Pangalengan, Bandung, yang menjadi salah satu best view pada lingkungan PTPN VIII.

Sebenarnya, areal perkebunan teh dimana pun selalu menarik sebagai pemandangan indah. Tetapi yang dilihat disini, khusus pada suasana di Perkebunan Teh Malabar.

Lokasi pemandangan perkebunan teh Malabar
Ada salah satu sudut pemandangan perkebunan teh Malabar yang bisa membuat anda betah memandang, yaitu pemukiman karyawan di bagian Tanara.

Dengan kombinasi pemandangan hijaunya perkebunan teh, gunung, dan areal perumahan karyawan Perkebunan Malabar, jalan kecil, dsb, menjadi pemandangan indah tersendiri.

Dari kejauhan, mungkin kita akan membayangkan, kehidupan tenteram mereka yang tinggal pada lokasi dimaksud.

Pada areal pemandangan dimaksud, lokasinya berdekatan dengan kawasan Pabrik Teh Tanara Perkebunan Malabar.

Lokasi jalan ketika kita melihat pemandangan tersebut, merupakan lintasan menuju Perkebunan Santosa, Perkebunan Cukul, Perkebunan Sedep, dan Perkebunan Purbasari.

Sepanjang jalur, merupakan hamparan perkebunan teh yang luas dan terawat, sehingga tampak sangat indah.

Terapi agar tidur nyenyak
Diantara sebagian masyarakat, pemandangan dan suasana kawasan perkebunan teh, termasuk Perkebunan Malabar, dijadikan terapi agar bisa tidur nyenyak.

Membayangkan pemandangan perkebunan teh berikut kehidupan masyarakatnya, menjadikan cara ampuh nikmat tidur.

Apalagi, ketika masyarakat sudah penat dengan suasana hiruk pikuk di perkotaan yang memusingkan, maka suasana kehidupan perkebunan teh yang damai dan tenteram menjadi cara ampun menemukan ketenangan.

Karena itu, kawasan unit perkebunan teh baik milik negara maupun swasta, tetap menjadi favorit masyarakat dalam menikmati pemandangan.

Bahkan, ada juga warga yang sengaja memajang foto pemandangan Perkebunan Teh Malabar di kamar tidurnya, sebagai terapi agar cepat tidur.

Sambil merem, akan terbayang kehidupan masyarakat perkebunan dengan kesehariannya, memetik teh, lalu istirahat, kemudian pulang ke rumah bedeng dinas sederhana, hidup sederhana, dsb.

Potongan sejarah perkebunan teh Malabar
Dalam sejarahnya, Perkebunan Teh Malabar merupakan salah satu perkebunan teh legendaris di Jawa Barat yang terkenal di dunia.

Berdasarkan catatan DeskJabar dari National Library of Australia, pada tahun 1920-an sampai menjelang Perang Dunia II pecah tahun 1942, Perkebunan Teh Malabar sangat terkenal di kalangan masyarakat Australia.

Pada masa-masa itu, ekspor teh dari Perkebunan Malabar sangat besar ke Australia dan menjadi favorit masyarakat negara kanguru itu.

Tentu saja, peluang kebangkitan bisnis teh Indonesia, khususnya asal Jawa Barat pada pasar dunia selalu ada peluangnya kembali diperoleh.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *