Panglima Kodam III/Siliwangi Tinjau Lahan PTPN VIII, Wilayah Bojong Picung Kabupaten Cianjur

Panglima Kodam III/Siliwangi Tinjau Lahan PTPN VIII, Wilayah Bojong Picung Kabupaten Cianjur

Pangdam III/Siliwangi bersama Jajaran Tinjau Lahan PTPN VIII. Lokasi di Empat Desa, Jumat,tanggal 2 september 2022. Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, beserta jajaran melaksanakan peninjauan lahan PTPN VIII Pasir Jegur di empat desa di Wilayah Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur.

Pasir Jegur merupakan areal ex Kehutanan yang diditukargulingkan dengan areal PTPN VIII yang ada di Kebun Agrabinta dan tergabung menjadi areal konsesi Kebun Panglejar Afdeling Rajamandala pada tahun 2012 seluas 523,39 Ha. Areal tersebut terdapat di 4 Desa dan di 2 Kecamatan Kabupaten Cianjur yaitu Desa Kemang, Desa Sukaratu berada di Kecamatan Bojongpicung Desa Sukatani, Desa Cihea berada di Kecamatan Haurwangi.

Ke empat desa yang terdapat lahan PTPN VIII, yakni Desa Cihea seluas 90,74 Ha, Desa Sukatani seluas 50 Ha, Desa Sukaratu seluas 362,65 Ha dan Desa Kemang Seluas 20 Ha. Sementara, untuk luas keseluruhan 523,39 Ha.

Areal Pasir Jegur menjadi areal cadangan Afdeling Rajamandala dikarenakan sampai saat ini belum diberdayakan tetapi telah dikuasai oleh masyarakat sekitar dengan berbagai tanaman diantaranya : kekayuan, pisang, palawija, sawah dan lain-lain.

“Kunjungan ke beberapa wilayah Bojong Picung panglima kodam III Siliwangi melihat adanya potensi areal yang bisa dimanfaatkan yaitu sumber tambang batu.. tentunya hal tersbut harus sejalan dengan program dari PTPN VIII dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat” Ucap Wawan Budiawan selaku Manager Panglejar PTPN VIII.

Sebagai tindaklanjut dari MoU kerjasama antara PTPN VIII dengan Pangdam Ill Siliwangi dalam upaya optimalisasi asset dan pengamanan areal HGU PTPN VIII terutama pada areal areal yang diokupasi oleh masyarakat penggarap yang sudah puluhan tahun maka peninjauan dilaksanakan langsung oleh Pangdam bersama-sama pihak terkait Dandim Cianjur, Danramil Bojongpicung dan Haurwangi, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, LSM dan pihak Investor dengan tujuan ada keterlibatan semua pihak untuk sama-sama saling menjaga dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dan pembangunan perekonomian desa sekitar, intinya tidak menjadikan kerjasama ini timbul permasalahan baru.

Potensi yang ada di areal Pasir Jegur terdiri

  1. Tambang (Batu, Pasir)
  2. Pertanian
  3. Peternakan
  4. Wisata

Perjanjian Kerjasama ini juga bertujuan agar menjaga kesinambungan pengelolaan sumber daya PTPN VIII selaku anak perusahaan Holding PTPN Group dan memperoleh situasi keamanan kondusif dan pemanfaatan lahan  secara optimal di lingkungan PTPN VIII serta mendukung upaya penguatan territorial.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Bandung, Pangdam bersama jajaran tiba di lokasi dengan disambut Dandim 0608/Cianjur, Letkol ARM Haryanto sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, karena akses menuju lokasi cukup terjal kondisi jalan tanah dan bebatuan, sehingga rombongan berjalan kaki. Dalam perjalanan menuju lokasi, Pangdam melakukan pengecekan lahan PTPN VIII. Bahkan, Pangdam juga mengimbau agar tetap mengutamakan warga jangan sampai terganggu.

“Saya minta jangan sampai masyarakat tidak terganggu untuk jalan nanti diperbaiki,” katanya.

Setelah meninjau lahan, Pangdam bersama jajaran langsung meninggalkan lokasi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *