Ngopi Bareng Eighters #8. Gerakan BERSIH PTPN 8 : Silih Asah, Silih Asuh, Silih Asih…….

Ngopi Bareng Eighters #8. Gerakan BERSIH PTPN 8 : Silih Asah, Silih Asuh, Silih Asih…….

Ngopi Bareng Eighters #8.

Gerakan BERSIH PTPN 8 : Silih Asah, Silih Asuh, Silih Asih…….

Assalamualaikum wr wb

Bagi para Eighters yang belum mengenal istilah di atas, Gerakan BERSIH (Memberi dan Mengasihi) adalah gerakan yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Bapak Erick Tohir selama bulan Ramadan 1443 H sebagai bentuk kepedulian BUMN kepada sesama terutama masyarakat disekitar BUMN berada. Di PTPN 8 Gerakan Bersih tersebut diterjemahkan salah satunya berupa pembagian bingkisan kepada para karyawan level 1 digit di lingkungan BUMN. Di kalangan   Eighters,  mereka adalah para  Satpam, pramubakti, pengemudi dan yang setingkat itu. 

Bagi saya Gerakan BERSIH ini adalah salah satu  wujud nyata dari kearifan lokal budaya Sunda yang sudah sangat dikenal : Silih Asah, Silih Asuh, Silih Asih…

Motto ini sangat kental dipraktekkan di dunia pendidikan yaitu pola pembinaan antara guru dengan para muridnya, tetapi rasanya juga sangat matching untuk dunia lain seperti organisasi, perusahaan bahkan negara sekalipun. Artinya mengandung kebaikan yang universal. Silih Asah artinya saling mencerdaskan, termasuk saling menyemangati tentunya. Silih Asuh adalah saling membimbing, yang dalam pekerjaan memiliki konotasi saling bekerjasama. Silih Asih adalah saling menyayangi, tentu dalam konteks saling menjaga supaya rekan sekerja jangan sampai bermasalah. Sungguh budaya  “Adiluhung” yang harus kita terapkan di PTPN 8.

Saling Asah akan menjadi domain saya selaku pimpinan PTPN 8 untuk mencerdaskan para Eighters menghadapi tantangan dunia usaha yang semakin keras. Gerakan BERSIH kali ini merupakan bentuk kesalehan sosial di bulan Ramadhan untuk Saling Asuh dan Asih diantara kita, keluarga besar PTPN 8.

Demikianlah, pada tanggal 19 April 2022 tepat hari ke 17 bulan Ramadan 1443 H, saya diundang oleh Ibu-ibu IKBI PTPN VIII untuk membuka acara pemberian bingkisan untuk para Eighters yang dianggap paling berhak untuk menerimanya.

Istri saya sebagai Ketua IKBI PTPN 8 bersama-sama Ibu-ibu SEVP, Ibu-ibu Pengurus dan anggota IKBI Kantor Pusat PTPN 8 menceritakan bagaimana hebohnya persiapan untuk pemberian bingkisan. Mungkin bahkan melebihi para Eighters yang sedang mempersiapkan RKAP atau Laporan Tahunan…..

Window shopping untuk memilih barang-barang yang akan diberikan dilakukan berjam-berjam menyambangi satu toko ke toko lainnya, satu pasar ke pasar lainnya. Armada pendukung dikerahkan. Para sopir bahkan para suami ikut sibuk mengantar, tetapi saya yakin bahwa negotiator pasti tidak akan didelegasikan ke orang lain…… Itu ranah Ibu-ibu, itu keahlian Ibu-ibu he he he !!

Kalau melihat bingkisan yang diberikan nampaknya memang ibu-ibu IKBI PTPN 8 ini sudah bener-bener kerja keras karena ada sekitar 12 item barang yang dijadikan sebagai paket bingkisan, mulai dari bahan pokok seperti minyak goreng, gula, tepung terigu sampai accesorisnya seperti biscuit, sirup teh Walini dan masih banyak lagi.  Saya melihat wajah-wajah ceria para Eighters tangguh yang menerima bingkisan  ini. Alhamdulillah di bulan yang penuh berkah ini menjadi satu keceriaan tersendiri bagi saya dan tentunya para ibu-ibu IKBI dapat berbagi kebahagiaan dengan para Eighters level 1 digit.

Saya berpesan kepada para ibu-ibu IKBI agar kegiatan yang penuh manfaat ini bisa dilestarikan.  Mudah-mudahan dari tahun ke tahun jumlah bingkisan yang diberikan bisa semakin banyak, sejalan dengan membaiknya kondisi perusahaan yang tentunya akan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Saya selalu ingat motto dari Serikat Pekerja yaitu “Perusahaan Sehat Karyawan Sejahtera”.

Dengan demikian ke depan saya sangat berharap bahwa bukan hanya ibu-ibu IKBI yang senang berbagi namun juga seluruh Eighters lainnya dapat ikut  berbagi kepada sesama.

Selain itu saya juga meminta mulai dari sekarang untuk meniatkan bekerja sebagai ibadah, selalu bersyukur atas karunia Allah SWT, semakin mencintai perusahaan dan semakin peduli terhadap hal-hal kecil. Empat pesan yang selalu saya sampaikan setiap ada kesempatan bertemu dengan para Eighters.

Selanjutnya selain 4 hal yang saya pesankan agar perusahaan ini mendapatkan limpahan kebarokahan dan keberuntungan dari Allah SWT, saya juga meminta agar mulai dari sekarang kita selalu berpikir positip.  Berpikir positip akan membuat kita berkata positip dan dengan selalu berkata positip kita akan bertindak positip.  Dengan selalu bertindak positip kita akan mempunyai kebiasaan positip dan dari kebiasaan yang positip tersebut akan membentuk karakter kita yang selalu positip dan optimis. Seberat apapun kesulitan yang menimpa kita, kita akan selalu sikapi dengan rasa syukur dan optimis karena karakter positip dan optimis sudah terbangun diantara para Eighters.

Seperti saat ini, perusahaan sedang mengalami kesulitan namun para Eighters begitu ringan tangan untuk berbagi bagi sesama Eighters yang paling membutuhkan. Inshaa Allah keberkahan dan kemudahan serta keberuntungan akan segera kita dapatkan dari Allah SWT…haqul yakin itu akan tiba…

Setelah selesai acara Mr. Jejen salah satu You Tuber yang dimiliki oleh PTPN 8  melalui “Lendra Channel”nya bak wartawan professional mewawancarai beberapa Eighters yang menerima bingkisan. Salah satunya adalah Bu Kania – Satpam PTPN 8 – seorang Eighterswoman Tangguh. Mewakili para penerima bingkisan, Bu Kania menyatakan rasa terima kasihnya kepada ibu-ibu IKBI atas bingkisan yang diberikan. Alhamdulillah semoga barokah dan bermanfaat ya bapak ibu semuanya. Jadi kalau para Eighters dan teman-teman lainnya pengen melihat secara lengkap acara pemberian bingkisan oleh Ibu-ibu IKBI silakan tonton “Lendra Channel” silakan klik di https://youtu.be/hhb79CaQh64 .   Pak Jejen!!!! ……..ini saya promosiin lho Channel Youtube-nya..he he he..

Gerakan BERSIH berikutnya dilaksanakan pada tanggal 23 April 2022 hari Sabtu  dipimpin langsung oleh Pak Menteri melalui acara Pasar Murah Minyak Goreng produksi PTPN Group dengan Merk “NUSAKITA” bertempat di halaman parkir Gedung Serba Guna Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung. Hadir dalam acara tersebut Pak Dwi – Direktur Pemasaran PTPN 3  Holding dan Bu Imelda – Sekretaris Korporasi PTPN 3 Holding, Pak Adrian Zakhary – Komisaris PTPN 8 beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung mewakili pak Bupati yang sedang Umroh. Sebelumnya saya minta ijin terlebih dahulu kepada Pak Bupati Kabupaten Bandung – Pak Dadang Supriatna agar diijinkan untuk mengadakan acara pasar murah tersebut di halaman parkir Gedung Serbaguna Sabilulungan Soreang. Alhamdulillah beliau sangat mendukung kegiatan tersebut. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya untuk pak Bupati dan jajarannya.

Dalam acara pasar murah tersebut Pak Menteri sempat berdialog dengan masyarakat. Tampak jelas bahwa masyarakat sangat antusias terhadap Gerakan BERSIH yang digagas oleh Pak Menteri BUMN ini.  Ada yang sempat tertegun saat didekati pak Menteri seolah-olah menyanyikan lagu “Terpesona …aku Terpesona…memandang wajahmu …. he he he“.

Dalam dialog tersebut pak Menteri menyampaikan : “Dalam situasi yang sulit, BUMN Hadir untuk membantu masyarakat. Seperti saat ini, karena kelangkaan minyak goreng, BUMN melalui PTPN Group menjual minyak goreng NUSAKITA dengan harga murah dari hasil produksinya sendiri. Demikian halnya pada saat Covid-19, saat penumpang KA tinggal 15%, PT KAI masih tetap mengoperasikan KA agar bisa membantu masyarakat yang menggunakan jasa KA..

PTPN 8 sendiri atas arahan Pak Menteri, juga memberikan bonus sebungkus teh” Goalpara kepada masyarakat yang membeli minyak goreng “NUSAKITA” . Dijual dengan harga Rp 19.000/liter disaat harga minyak goreng kemasan menyentuh Rp 25.000 – Rp 30.000 per liter, itulah NUSA KITA. Jadi kalau berbicara minyak goreng BUMN ya NUSAKITA, tidak ada lagi yang lain.  Masyarakat tahunya Minyak Goreng BUMN …YA NUSA KITA……

Inilah wujud nyata BUMN Hadir Untuk Indonesia. Kegiatan membantu masyarakat tersebut juga dilakukan sesuai aturan dan selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Akhirnya alhamdulillah kegiatan BERSIH (Memberi dan Mengasihi) berjalan dengan baik dan lancar, baik yang dilaksanakan oleh Ibu-Ibu IKBI PTPN 8 maupun yang dilaksanakan PTPN 8 bersama-sama PTPN 3 Holding. Inshaa Allah BUMN makin barokah dan semakin bermanfaat bagi masyarakat sekitar….BUMN Hadir Untuk Indonesia….Good job, guys!

Buah berpikir positip dan optimis dalam semangat Silih Asah, Silih Asuh dan Silih Asih…pasti akan lebih baik dari pada frustasi yang diwarnai dengan Silih Gosok, Silih Gesek dan akhirnya Silih Gasak..!

Selamat bekerja para Eighters….semoga Allah memberikan Berkah dan Ridho-Nya kepada kita semua….

Wassalamualaikum wr wb

 

Geger Kalong, 23 April 2022

Didik Prasetyo

Share this post

Comment (1)

  • Lendra Channel Reply

    Alhamdulillah Lendra Channel di Promosikan hehehe…
    Terimakasih Pak… Semoga ptpn8 semakin Juarrraa…. Amiiin YRA

    18 June 2022 at 7:32 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *