Rebana Technopolis Akan Dibangun PTPN VIII Di Lahan Seluas 487 Ha di Cibogo

Rebana Technopolis Akan Dibangun PTPN VIII Di Lahan Seluas 487 Ha di Cibogo

SUBANG – Rebana Metropolitan yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil diproyeksikan memiliki 15 Kawasan Pembangunan Industri (KPI). Salah satunya yaitu Rebana Technopolis yang akan dibangun oleh PTPN VIII di lahan seluas 487 Ha di Kecamatan Cibogo, Subang, Jawa Barat.

Menurut Direktur Utama PTPN VIII, Mohammad Yudayat, 487 Ha lahan ini merupakan tahap pertama pembangunan Rebana Technopolis. Namun totalnya diproyeksikan seluas lahan milik PTPN VIII di kebun Wangunreja dan Jalupang yaitu 6107 Ha.

“487 Ha ini merupakan tahap awal dari lahan yang kita kembangkan, Rebana Technopolis sendiri merupakan komitmen PTPN VIII untuk mengembangkan lahan yang sudah tidak optimal,” ujar Yudayat kepada jurnalis, Kamis (19/11/2020).

Dari 487 Ha, 400 Ha akan dibangun Kawasan industry sementara 87 Ha lainnya akan dibangun fasilitas perkotaan seperti Apartement, Perumahan, City Landscpae, Technopolis City hingga Koridor Hijau. 

Yudayat mengungkapkan, di lahan yang sudah disiapkan ini, pihaknya akan menggandeng investor untuk mulai membangun proyek Rebana Technopolis yang ditargetkan tahun 2022. Bahkan saat ini sudah ada investor yang tertarik berinvestasi Rebana Technopolis.

“Teknisnya dilahan 487 Ha ini kita akan menggandeng investor, tahun 2021 kita bereskan legalitasnya dan tahun 2022 kita mulai bangun, bahkan kita saat ini sudah memiliki satu investor,” jelasnya.

Sementara menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum saat melakukan penijauan lahan milik PTPN VIII tersebut, Rebana Technopolis ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Subang. Wagub selalu meminta kepada investor untuk mengutamakan masyarakat sekitar menjadi karyawan atau pegawai di perusahaannya.

“Saya minta kepada investor yang datang untuk memberikan kuota menjadi karyawan bagi masyarakat Jawa Barat khususnya yang dekat dengan lokasi Rebana ini, jangan sampai pembangunan terus, ekonomi perjalan tapi warga Subang tidak kebagian apa-apa,” ungkapnya.

Rebana Technopolis sendiri berada di lahan yang cukup strategis yaitu diantara ruas jalan tol Cipali tepatnya di kilometer 121. Bahkan jaraknya ke Bandara Internasional Kertajadi hanya berjarak 60 Kilometer.

 

Sumber Berita :

https://zonajabar.co/2020/11/19/rebana-technopolis-akan-dibangun-ptpn-viii-di-lahan-seluas-487-ha-di-cibogo/

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *