PTPN VIII Lakukan Penanaman Perdana Jagung

PTPN VIII Lakukan Penanaman Perdana Jagung

Subang,  Perusahaan Perkebunan Negara PT Perkebunan Nusantara VIII melakukan penanaman perdana pembudidayaan jagung hibrida yang dilakukan di Kebun Wangunreja, Desa Sidamulya Kecamatan Cipunegara, Kabupaten Subang (Jumat, 9 November 2018). Penanaman jagung hibrida tersebut dilakukan dengan cara kemitraan dengan masyarakat. Direktur Utama PTPN VIII Wahyu mengatakan selain penanaman jagung hibrida,juga dilakukan penandatanganan kerjasam pemanfaatan lahan perkebunan milik PTPN VIII di Desa Sidamulya Kecamatan Cipunegara.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh Tamir selaku Ketua Kelompok Tani Mitra Wara dengan Umar Hadikusuma sebagai Manajer Kebun Wangunreja yang disaksikan oleh Direktur Utama PTPN VIII.

“Kita memprogramkan pemanfaatan lahan kebun dengan pemberdayaan masyarakat sekita kebun PTPN VIII dengan diversifikasi tanaman di antaranya jagung untuk pakan ternak. Targetnya seluas 15.000 hektar” ujar Wahyu

Pemanfaatan lahan ini bertujuan memanfaatkan lahan yang belum digarap. Juga berupaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitar perkebunan.

Menurut Wahyu, dalam kerja sama ini masyarakat sekitar kebun dilegalkan untuk menggarap lahan PTPN VIII melalui kerjasama saling menguntungkan, PTPN VIII memfasilitasi masyarakat yang tergabung dengan kelompok tani untukmendapat bantuan benih dari pemerintah eq Kementrian Pertanian,pembinaan pembudidayaan dan pembelian hasil panen jagung.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *