KEGIATAN STOCK OPNAME TAHUN 2022 DI UNIT KERJA / KEBUN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII

KEGIATAN STOCK OPNAME TAHUN 2022 DI UNIT KERJA / KEBUN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII

Perkebunan Nusantara VIII setiap tahunnya melakukan kegiatan Stock opname. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Satuan Pengawas Intern (SPI) dan Kantor Akutan Publik (KAP), untuk memastikan persediaan stock yang meliputi persediaan produksi kering jadi, barang bahan pelengkap dan saldo kas/bank. Ada banyak kegiatan yang tercakup di dalamnya, mulai dari menghitung jumlah barang, melakukan pemeriksaan secara langsung, serta melakukan penataan yang akan memudahkan operasional bisnis ketika suatu produk tertentu dibutuhkan.

Satuan Pengawas Intern (SPI) melakukan kegiatan Stock Opname persediaan produksi, barang bahan dan kas/bank per 31 Desember 2022 yang berlokasi di unit kerja/kebun PT. Perkebunan Nusantara VIII. Senin, 2 Januari 2023.

(Kebun Batulawang)

Kegiatan Stock Opname rutin dilaksanakan setiap sekali dalam setahun dimana hasil Stock Opname selanjutnya disampaikan kepada Direktur oleh Tim Satuan Pengawas Internal (SPI).

(Kebun Jalupang)

Kegiatan Stock Opname  biasanya berlangsung selama 4 sampai 5 hari yang diadakan di Unit kerja/kebun PT Perkebunan Nusantara VIII dengan jadwal dan susunan tim yang telah disiapkan sebelumnya.

(Kebun Rancabolang)

Memastikan stock opname tercatat secara rapi dan akurat menjadi satu hal yang perlu untuk dilakukan, karena pelaku usaha perlu untuk memastikan apa yang tercatat dalam pembukuan sudah sesuai dengan jumlah yang memang tersedia di gudang. Ketika jumlah tersebut tidak sesuai, proses bisnis dapat terganggu, misalnya ketika karyawan harus mengeluarkan produk yang diminta oleh pelanggan, tetapi tidak dapat melakukannya karena meskipun tercatat dalam pembukuan bahwa masih ada persediaan, ternyata di gudang sudah tidak ada lagi yang tersisa.

Dengan mengetahui jumlah yang riil dan benar-benar dapat ditemukan di gudang, pelaku usaha juga dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk memperbarui stok persediaan suatu produk.

(Kebun Sedep)

(Kebun Tjay)

Manfaat Stock Opname Bagi Perusahaan

  • Meminimalisasi penyimpangan terhadap barang, baik itu kekurangan atau kelebihan barang.
  • Untuk proses tidak lanjut secara cepat bila ada barang hilang atau kekurangan barang, sehingga tidak terjadi keksongan stok barang.
  • Dapat digunakan sebagai perbandingan data dari tahun-tahun sebelumnya sehingga perkembangan perusahaan bisa diketahui.
  • Mengetahui secara pasti arus masuk dan keluar barang secara pasti.
  • Mengetahui kondisi barang di gudang secara pasti.
  • Mengetahui keakuratan perhitungan dengan cara mencocokan catatan pembukuan dengan stok barang riil.
  • Membantu menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP).
  • Mengidentifikasi kecurangan atau kelalaian yang terjadi dari stok barang di perusahaan.
  • Membantu dalam hal pengambilan kebijakan perusahaan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *