PTPN VIII Bandung Siap Hijaukan 1.700 Ha Lahan Kritis

PTPN VIII Bandung Siap Hijaukan 1.700 Ha Lahan Kritis

Dirut PTPN VIII Bandung Wahyu (tengah) bersama anggota Komisi IV DPR RI Yadi Srimulyadi (kiri), saat kegiatan penanaman pohon di Leuweung Pajajaran, Kampung Gambung, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2/20). (Foto: iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) Persero Wahyu menuturkan, gerakan penanaman pohon Leuweung Padjajaran yang diinisiasi PDI Perjuangan sejalan dengan program PTPN VIII Bandung untuk penghijauan lahan kritis di daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

“Kami sendiri punya program 1.700 hektar penghijauan di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Dari 1.700 hektare sudah 400 hektare yang sudah kami tanami untuk penghijauan,” kata Wahyu usai penanaman pohon di Leuweung Pajajaran, Kampung Gambung, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2/2020). .

Menurutnya, PTPN VIII sendiri dalam waktu dekat akan menanam 250 ribu batang pohon kopi dan pohon keras lainnya yang akan ditanam di hulu Sungai Citarum, khususnya di Kecamatan Kertasari dan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Sebetulnya, kata dia, ada 2.300 hektare lahan kritis di DAS Citarum yang butuh direhabilitasi dengan cara penghijauan yang menjadi kewenangan PTPN VIII.

“Untuk Jawa Barat sendiri ada 100 ribu hektare lahan kebun milik PTPN. Sebagian kebun masuk ke dalam Kawasan Hutan dan Kawasan DAS Citarum,” jelasnya.

Wahyu mengimbau kepada masyarakat di sekitar perkebunan milik PTPN VIII untuk ikut merawat agar tidak diokupasi dan dieksploitasi. Sebab menurutnya hal itu pasti akan berdampak negatif kepada lingkungan dan menyebabkan bencana. “Kami juga punya program kerjasama dengan masyarakat dalam rangka menjaga kebun. Sekali lagi saya titip kepada masyarakat,” ucapnya.(*)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *