Hari Peduli Sampah Nasional, FK3I Jabar Selenggarakan Pendidikan Konservasi Alam

Hari Peduli Sampah Nasional, FK3I Jabar Selenggarakan Pendidikan Konservasi Alam

RANCABALI, –Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat menyelenggarakan Pendidikan Konservasi Alam kesatu pada 22 sampai 24 Februari di Taman Wisata Air (TWA) Cimanggu, Jalan Ciwidey, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dihelat dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada Kamis (21/2/2019).

Melalui pernyataan resminya yang diterima Ayobandung.com, FK3I mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk kaderisasi kelembagaan dan merupakan upaya sosialisasi kepada para peserta mengenai konservasi alam. Mereka ke depannya akan menjadi penerus Gerakan Konservasi, khususnya di Jawa Barat, dan umumnya di Indonesia.

Pendidikan Konservasi Alam tersebut digelar secara swadaya dengan dukungan sejumlah donatur yang peduli akan kegiatan penyelamatan kawasan hutan. Kegiatan akan diakhiri dengan melakukan bersih-bersih di kawasan wisata dari sampah

“Kami berharap dari kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan kesadaran skan pentingnya kawasan hutan sebagai kawasan pelestarian dan zona lindung yang penting untuk kita jaga,” ujar pernyataan itu.

Sedikitnya 100 peserta dari berbagai komunitas, pegiat alam, dan kelompok pecinta alam, turut menghadiri kegiatan tersebut. Selain itu, ada pula perwakilan pengurus dari Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), serta perwakilan dari koordinator FK3I di 7 kota/kabupaten di Jawa Barat lingkup wilayah bidang III.

Peserta berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta, dan Subang. Narasumber yang akan membagi ilmunya adalah dari perwakilan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Kepala Desa Patengang, Perwakilan Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, serta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Dari unsur non-pemerintahan, akan hadir perwakilan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat, Gunung Institute, dan Aspinal Foundation. Akan hadir juga perwakilan dari Konsorsium Pergerakan Raykat Indonesia (KPRI) Safei, Ketua Badan Pembina (BP) FK3I Jabar Dedi Kurniawan, serta pembina salah satu koperasi usaha di bidang sumber daya alam Den Ato.

https://www.ayobandung.com/read/2019/02/22/45535/hari-peduli-sampah-nasional-fk3i-jabar-selenggarakan-pendidikan-konservasi-alam

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *