7 Obyek Wisata di Pangalengan, Salah Satunya Lokasi Syuting Pengabdi Setan

7 Obyek Wisata di Pangalengan, Salah Satunya Lokasi Syuting Pengabdi Setan

KOMPAS.com – Pangalengan merupakan sebuah daerah berupa dataran tinggi yang berada di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Tak hanya terkenal dengan produksi susunya, Pangalengan juga memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di akhir pekan. Baca juga: Catat, Harga Tiket Masuk dan Rute ke Taman Langit Pangalengan Tak hanya memiliki pesona alam yang indah, Pangalengan juga memiliki obyek wisata misteri. Berikut adalah sederet rekomendasi obyek wisata di Pangalengan yang menarik untuk dicoba.

  1. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar adalah kebun teh berada sekitar 45 kilometer di selatan Bandung. Baca juga: Taman Langit Pangalengan, Indahnya Panorama Samudra Awan yang Memesona Lokasinya cukup sejuk karena berada pada ketinggian 1550 m di atas permukaan laut. Perkebunan teh ini dibangun pada tahun 1890 pada masa penjajahan Belanda oleh K.A.R Bosscha Baca juga: Wisata Wayang Windu Panenjoan di Pangalengan yang Instagramable Jam buka obyek wisata kebun teh Malabar adalah mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sementara harga tiket masuk obyek wisata kebun teh Malabar sangat murah hanya Rp 2.000 untuk 1 kendaraan.

2. Situ Leunca

Kawasan obyek wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, dapat menjadi pilihan untuk berlibur di akhir pekan. Kawasan ini memiliki banyak atraksi selain pemandangan indah Gunung Wayang dari pinggir kawasan danau. Salah satu daya tarik Situ Cileunca adalah kemudahan untuk mengakses penginapan dan juga kawasan berkemah di sekitar obyek wisata ini. Jam buka obyek wisata Situ Cileunca adalah mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sementara harga tiket masuk obyek wisata Situ Cileunca yaitu Rp 2.500 untuk anak dan Rp 5.000 untuk dewasa.

 

  1. Kawah Wayang

Obyek wisata Kawah Wayang dikenal dengan kenampakan asap putih yang muncul dari sela-sela bebatuan. Keberadaan obyek wisata Kawah Wayang akan membuat wisatawan semakin memiliki banyak pilihan saat berkunjung ke Pangalengan. Untuk mencapainya terdapat jalur trekking dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan. Adapun harga tiket masuk obyek wisata Kawah Wayang yaitu Rp 10.000 saja.

 

  1. Wisata Wayang Windu

Tak jauh dari Kawah Wayang ada obyek wisata kekinian bernama Wayang Windu. Tempat ini cocok untuk berburu spot foto Instagramable dengan latar belakang perkebunan teh. Letaknya ada di Kebun Teh Kertamanah dengan panorama indah perkebunan teh di segala penjuru. Jam buka obyek wisata Wayang Windu Panenjoan adalah setiap hari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sementara harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang, dengan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

  1. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang berlokasi di Pacet, Kertasari, Pangalengan dan jadi tempat wisata legendaris di Bandung. Berdiri sejak tahun 1985, Pemandian Air Panas Cibolang telah mengalami beberapa kali renovasi sehingga tetap terasa nyaman. Di tengah udara dingin Pangalengan, merasakan mandi air panas di lokasi ini terasa sangat menyegarkan. Tak hanya itu, fasilitas di tempat ini juga cukup komplit mulai darii tempat makan hingga penyewaan alat pancing.

 

  1. Rumah Pengabdi Setan

Rumah bekas lokasi syuting film Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar kini menjadi sebuah obyek wisata misteri. Pengunjung datang karena penasaran tentang misteri yang ada di lokasi syuting film tersebut. Lokasi rumah ini ada di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Rumah tua yang tidak lagi dihuni ini adalah bekas rumah dinas pimpinan perkebunan teh yang saat ini menjadi PTPN VIII. Jam buka obyek wisata Rumah Pengabdi Setan tidak dibatasi alias buka 24 jam dengan tiket masuk Rp 10.000 rupiah per orang.

 

  1. Sunrise Pint dan Villa Jerman Cukul

Tak cuma rumah Pengabdi Setan, ada juga bangunan klasik penuh misteri yaitu Rumah Putih Cukul atau juga dikenal dengan Villa Jerman. Lokasinya berada di kawasan perkebunan teh Cukul yang dekat dengan sunrise point dan cukup menyita perhatian karena bangunannya terlihat dari jauh. Villa ini juga dikenal dengan nama Villa Merah dan kini dikelola oleh anak usaha Sosro. Dengan gaya bangunan klasik ala Jerman, villa ini diketahui pernah digunakan sebagai tempat syuting sejumlah film. Untuk memasuki kawasan perkebunan teh ini pengunjung akan dikenakan tarif Rp 10.000, sayangnya kini Rumah Putih Cukul tidak lagi dibuka untuk umum.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “7 Obyek Wisata di Pangalengan, Salah Satunya Lokasi Syuting “Pengabdi Setan””, Klik untuk baca: https://bandung.kompas.com/read/2022/02/17/142423578/7-obyek-wisata-di-pangalengan-salah-satunya-lokasi-syuting-pengabdi-setan?page=all#page2.

 

Editor : Puspasari Setyaningrum

 

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA

iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *