Pemkot Bangun Kesepahaman, Realisasikan Rencana Pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan

Pemkot Bangun Kesepahaman, Realisasikan Rencana Pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan

Penandatanganan kesepahaman dengan pihak PT Perkebunan Nusantara (PN) VIII
 dan Perum Perhutani terkait rencana pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan, Kabupaten Bandung

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung lakukan rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka membangun kesepahaman dengan pihak PT Perkebunan Nusantara (PTPN VIII) dan Perum Perhutani terkait rencana pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Rencana pembangunan tol tersebut akan dilaunching pada 18 April 2022 mendatang untuk memberikan hadiah atau kado pada Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung.

“Sudah ada kesepahaman antara Pemkab Bandung dengan PTPN VIII dan Perhutani. Kita akan merencanakan pembangunan Tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan,” kata Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam keterangannya di Rumah Jabatan Bupati Bandung di Soreang, Selasa (12/4).

Penandatanganan kesepahaman itu, kata Dadang, terkait dengan pemanfaatan lahan atau area milik PTPN VIII dan Perhutani yang akan dilintasi dalam proyek pembangunan Tol Soreang yang menghubungkan Ciwidey dan Pangalengan.

“Rencana pembangunan tol itu tentunya akan melalui lahan-lahan milik PTPN VIII dan Perhutani. Maka dengan adanya kesepahaman dan sinergitas dalam program ini akan mempermudah proses selanjutnya,” kata Dadang.

Apalagi, lanjut Dadan, sebelumnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI sudah membahas terkait hubungan sinergitas antara Pemerintah Daerah, PTPN dan Perhutani.

“Nanti kita akan sama-sama membahas bersama antara Pemkab Bandung sebagai pemrakasa, PTPN VIII dan Perhutani terkait trase dan exit tol di setiap lokasi yang dari awal kita kawal,” imbuhnya

Dadang berharap program pembangunan tol tersebut bisa berjalan mulus dan menyelesaikan masalah terutama kemacetan, selain itu untuk pengembangan pariwisata dan para pelaku UMKM yang ada di wilayah Bandung Selatan.

“Mudah-mudahan atas dasar kekompakan dan kebersamaan ini akan mewujudkan Kabupaten Bandung lebih Bedas lagi,” ujar Dadang.

Sementara itu, Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo menyambut baik dengan adanya inisiatif dari Bupati Bandung yang akan membuat jalan tol tembus dariSoreang-Ciwidey- Pangalengan.

“Kalaupun nanti dalam pembangunannya melintasi areal PTPN VIII, kami juga sebagai warga Kabupaten Bandung pasti akan mendukung apa yang sudah direncanakan Pak Bupati. Kami mendukung sepenuhnya,” katanya.

Namun terkait dengan teknis, kata Didik, akan membicarakannya bersama antara PTPN VIII dengan Pemerintah Daerah, khususnya dalam pengembangan areal yang ada di Kabupaten Bandung terutama di kawasan Ciwidey dan Pangalengan.

“Kita berharap dengan adanya pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Soreang sebagai ibu Kota Kabupaten Bandung dengan kawasan Bandung Selatan, khususnya Ciwidey dan Pangalengan ini dapat memberikan akses bagi masyarakat dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi,” tandasnya. (yul)

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.