PTPN VIII Berhasil Meraih Sertifikasi RSPO

PTPN VIII Berhasil Meraih Sertifikasi RSPO

PTPN VIII sebagai satu – satunya anak perusahaan BUMN Holding Perkebunan Nusanatara yang memiliki Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit di Pulau Jawa berhasil meraih sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Kertajaya yang berlokasi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Prinsip berkelanjutan dalam pengelolaan kelapa sawit merupakan nilai penting dalam keberhasilan mendapatkan sertifikasi RSPO dari lembaga sertifikasi independen internasional, yaitu TUV Rheinland.

Sertifikasi RSPO menjadi bukti bahwa PTPN VIII sangat berkomitmen dalam penerapan sawit lestari secara berkelanjutan yang dapat memberikan manfaat bagi masyrakat dan lingkungan sekitar. RSPO telah mencakup prinsip berkelanjutan dalam proses produksi, pengolahan dan penjualan minyak sawit sehingga proses bisnis kelapa sawit di PTPN VIII telah dipastikan suistainable dan ramah lingkungan serta dapat terus berkembang tanpa mengabaikan masalah yang kerap kali muncul dalam industri kelapa sawit, diantaranya kerusakan hutan, pelestarian keanekaragaman hayati dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

Sebelumnya PTPN VIII telah berhasil meraih sertifikasi Indonesian Suistainability Palm Oil (ISPO) untuk Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Kertajaya. Skema Sertifikasi ISPO dibuat dan diregulasi oleh pemerintah Indonesia tanpa melibatkan lembaga independen internasional sedangkan sertifikasi RSPO telah dibuat dan diregulasi oleh lembaga independen internasioanl, sehingga dengan diraihnya sertifikasi RSPO diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan customer bahwa produk hasil jadi kelapa sawit milik PTPN VIII yaitu Crude Palm Oil (CPO) mampu bersaing dengan pasar internasional.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *