PT Perkebunan Nusantara VIII Memberikan Bantuan Program Desa Sejahtera BUMN “Bakti BUMN mengayomi keluarga, menghadirkan Desa Sejahtera”

PT Perkebunan Nusantara VIII Memberikan Bantuan Program Desa Sejahtera BUMN “Bakti BUMN mengayomi keluarga, menghadirkan Desa Sejahtera”

PT Perkebunan Nusantara VIII turut serta dalam program Kementerian BUMN yaitu Bantuan Desa Sejahtera sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN Erick Tohir untuk seluruh masyarakat Indonesia yang juga sejalan dengan program dari Presiden RI untuk membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Desa Hegarmanah di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang terpilih sebagai pilot project untuk melaksanakan Bantuan Desa Sejahtera. Bapak Wispramono Budiman selaku SEVP Operation PTPN VIII mengatakan bahwa PTPN VIII sebagai PIC BUMN yang memiliki tanggung jawab sosial lingkungan. Jadi, Kementerian BUMN ini artinya melaksanakan tanggung jawab sosial sesuai arahan Menteri agar tepat sasaran.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Deputi Bidang Sosial yang diserahkan Fahrudin selaku Bidang Tanggung Jawab Sosial (TJSL) Kementerian BUMN kepada Kepala Desa Hegarmanah Didi Sukandi yang dilaksanakan di Halaman Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Selasa 27 Desember 2022. Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Perusahan Holding Perkebunan Nusantara Bapak Bambang Agustian, Sekdis DPMD Kabupaten Sumedang Bapak Lili Rahli dan Camat Jatinangor Bapak Herry Derwantara.

Beberapa perusahaan BUMN terlibat dalam program ini, dimana PTPN VIII memberikan bantuan berupa mesin pencacah sampah yang nantinya akan digunakan Desa Hegarmanah untuk mencacah pohon jagung atau ranting pohon menjadi pakan ternak. Selanjutnya, PT PLN menyerahkan bantuan penerangan listrik dan Jalan Sejahtera serta PT Biofarma menyerahkan bantuan Posyandu Sejahtera untuk bidang Kesehatan. Kemudian BRI untuk bantuan UMKM, Pegadaian untuk kebersihan pengelolaan sampah dan BNI untuk bantuan pendidikan.

Kepala Desa Hegarmanah mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Program tersebut sejalan dengan program yang sedang dilaksanakan untuk program pengembangan UMKM dan ketahanan pangan di Desa Hegarmanah maka untuk merealisasikan program tersebut memang diperlukan dukungan dari pemerintah.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *