Bersama Meraih Juara, PTPN VIII dan Sektor Pembibitan Citarum Harum Menghijaukan Bumi

Bersama Meraih Juara, PTPN VIII dan Sektor Pembibitan Citarum Harum Menghijaukan Bumi

Bandung, PT Perkebunan Nusantara VIII dan Sektor Pembibitan Citarum Harum melakukan penanaman pohon jenis Accasia, Eucalyptus  Sejumlah 8.000 pohon Oleh Dansektor 23 Citarum Harum yang berlokasi di Afdeling Kendeng Sektor Papandayan Kebun Sedep dengan luas 54 Ha. Penanaman pohon ini dihadiri oleh Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo, Kepala Bagian Operasional I, General Manager Wilayah II dan Manager Kebun Sekitar serta Kol Infantri Muhammad Ridwan beserta personilnya.

Menurut Direktur PTPN VIII Didik Prasetyo dalam sambutannya “Hari ini suasana cerah, Alhamdulillah atas berkat dari Allah SWT, bahwa kami melaksanakan ini sebagai wujud dukungan terhadap program Citarum Harum yang ditetapkan oleh pemerintah, terimakasih atas bantuan bibit dari Komandan.”

“Kebetulan saya ini lulusan kehutanan, jadi urusan nanam menanam seneng banget, apalagi menghutankan Kembali areal lahan kritis” tutupnya.

Sementara itu Kol Infantri M. Ridwan siap mendukung setiap kegiatan penanaman, “Terimakasih atas terselenggarakannya kegiatan ini, kalau bisa tiap bulan kita agendakan kegiatan seperti ini” ucapnya.

Setelah itu agenda dilanjutkan dengan kunjungan ke tempat pesemaian Sektor 23 yang berlokasi di blok Pejaten. Direktur PTPN VIII mendapat kesempatan untuk menanam pohon Damar di lokasi pesemaian tersebut.

Sektor 23 Pembibitan menerima kunjungan PTPN dalam rangka studi banding mengenai tanaman wilayah Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Pada kesempatan tersebut, Serka Sugiarto selaku baop bersama anggota langsung membimbing dan mengajak berkeliling untuk melihat tanaman yang ada di Sektor 23 pembibitan.

Menurut Dansektor 23 Kol. Inf. Mochamad Ridwan, tujuan studi banding yang dilakukan pihak PTPN dalam rangka pemanfaatan tanaman yang baik untuk ditanam di lahan kritis. “Sebaik mungkin tanaman yang ditanam dilahan kritis khususnya dilahan yang memiliki kemiringan merupakan tanaman yang baik”. Katanya.

Lanjutnya, Peran PTPN sangatlah penting dalam mendukung terlaksananya citarum harum. Selain itu, PTPN sebagai pengelola lahan mendukung pengadaan bibit untuk di tanam di sekitar lahan perkebunan.

“Dengan adanya satgas citarum harum diwilayah ini sudah bisa di rasakan manfaatnya, kini masyarakat sudah bisa merubah pola berfikirnya dan wilayah hulu akan terjaga kembali kelestariannya”. Ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan kunjungannya ke Sektor 23 Pembibitan, program kerja di tahun 2022 akan banyak perubahan dan perkembangan yang lebih baik.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.