Gandeng IPB, PTPN VIII Rancang Grand Desain Perusahaan

Gandeng IPB, PTPN VIII Rancang Grand Desain Perusahaan

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Penandatangan MoU dilakukan di Kampus IPB Baranangsiang, Kamis (24/10/2018) lalu.

Naskah kesepahaman antara IPB dan PTPN VIII terkait pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat ini ditandatangani oleh Rektor IPB, Dr Arif Satria dan Direktur Utama PTPN VIII, Wahyu.

Kerjasama ini merupakan bentuk penguatan dari kerjasama sebelumnya, mengingat PTPN VIII sejak beberapa tahun lalu telah mempercayakan IPB untuk menyediakan tenaga ahli bidang pertanaman serta pelatihan bagi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) PTPN VIII.

“Kerjasama kami di masa depan bersama IPB akan lebih kongkrit lagi, mulai dari perencanaan bisnis termasuk berbagai pengembangan komoditas akan kami diskusikan bersama IPB. Bisa dibilang, kami sedang merancang Grand Desain PTPN VIII bersama IPB,” ujar Wahyu.

Sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang pertanian, IPB dipercaya mampu menjadi partner yang paling pas untuk membersamai proses restrukturisasi PTPN VIII karena sebagian besar kebun ada di Jawa Barat dan IPB juga berada di wilayah Jawa Barat.

Kerjasama terbaru ini akan melibatkan hampir seluruh unit kerja IPB yang berkaitan dengan lingkup operasi perusahaan meliputi pengawalan perencanaan, perkebunan, perencanaan komoditi, pengelolaan sumber daya manusia,  pemasaran dan lain-lain.

“Harapan saya yang pasti bersama-sama dengan IPB, kita dapat memperbaiki kinerja PTPN VIII selaku pemilik dari perkebunan terluas se-Jawa Barat dan Banten,” harapnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *