Trauma Healing, BUMN Muda PTPN VIII Mengajak Anak-Anak 4 RT di Cianjur Bermain Bersama

Trauma Healing, BUMN Muda PTPN VIII Mengajak Anak-Anak 4 RT di Cianjur Bermain Bersama


Bandung, Perwakilan BUMN Muda PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) melaksanakan kegiatan Trauma Healing dan pemberian bantuan logistik kepada masyarakat di empat RT sekitar kebun Gedeh PTPN VIII Kabupaten Cianjur pada Hari Selasa, 6 Desember 2022. Sebelumnya, BUMN Muda PTPN VIII dan beberapa karyawan Kantor Pusat PTPN VIII telah dibekali materi Trauma Healing yang diselenggarakan di Kantor Pusat PTPN VIII pada Hari Kamis tanggal 1 Desember 2022

Kegiatan diawali dengan doa bersama dan briefing yang bertempat di Kantor Pusat PTPN VIII Bandung, dilanjutkan dengan keberangkatan menuju kantor induk Kebun Gedeh PTPN VIII. Kedatangan Perwakilan BUMN Muda PTPN VIII disambut hangat oleh management Kebun Gedeh yang diwakili oleh Bapak Mulyadi selaku Manager Kebun Gedeh. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan trauma healing tersebut, “Salah satu program yg sangat dibutuhkan pada kondisi seperti sekarang, bagaimana membawa mereka yang terdampak untuk menjadi terbiasa dgn kenyataan, tidak berlarut larut dalam kesedihan, menggugah sisi jiwa untuk tetap semangat menjalani kehidupan, terutama anak² dan wanita.” Ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengumpulkan anak-anak hingga remaja dari 4 RT sekitar yang berpusat di Blok Wayang RT 004/RW 006. Dilanjut dengan bermain games yang dibagi 2 kelompok yakni kelompok anak dengan rentang usia 5-12 tahun dan kelompok remaja 12-17 tahun. Kegiatan pada kelompok anak diawali dengan bernyanyi bersama dilanjutkan dengan menggambar dan mewarnai hingga story telling atau pembacaan cerita yang dibacakan bergantian oleh teman-teman perwakilan BUMN Muda PTPN VIII. Di tempat lain kegiatan untuk kelompok remaja dimulai dengan Game yang melatih konsentrasi peserta dilanjut dengan beberapa permainan yang mengasah Kerjasama tim dan berpikir cepat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan stress dan trauma akibat dari Bencana Alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur dimana Bencana Alam menjadi salah satu sumber stress terbesar manusia, maka dari itu BUMN Muda PTPN VIII berinisiasi memberikan PFA kepada masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut. Psychological First Aid (PFA) merupakan pertolongan psikologis awal yang diberikan kepada penyintas (bencana alam, perang, kekerasan dan pengungsian, dan kecelakaan) dengan tujuan Memberikan keselamatan dan keamanan secara fisik, Mengurangi reaksi stress, menenangkan dan membuat nyaman, Mengurangi dampak negatif dari peristiwa traumatis., Menjalinkan koneksi ke sumber bantuan lain dan Mengembangkan pemberdayaan diri dan kemampuan adaptasi.
Kegiatan selanjutnya yaitu mengunjungi posko-posko dari RT setempat. Terdapat 4 RT disekitar emplacement Kebun Gedeh yaitu RT 001 (Blok Burung), RT 002 (Blok Mesjid), RT 003 (Blok Akri) dan RT 004 (Blok Wayang) dengan total penduduk kurang lebih 400 jiwa.


Kunjungan ke RT tersebut yaitu untuk menyalurkan bantuan hasil dari donasi Karyawan PTPN VIII dan umum berupa buku cerita untuk di TK setempat, obat-obatan, vitamin, susu, madu, Kasur dan mainan untuk menghibur anak-anak setempat.

 

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan kondusif, semua masyarakat mengikuti kegiatan dengan antusias dan semangat. Semoga kegiatan ini dapat menghibur adik-adik di RT sekitar dan bantuan dari teman-teman lainnya dapat bermanfaat bagi semua” ucap Tia selaku ketua BUMN Muda PTPN VIII.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *