Banjir! Jutaan Liter Migor Bakal Dilepas ke Pasar

Banjir! Jutaan Liter Migor Bakal Dilepas ke Pasar

Pedagang Antre untuk mendapatkan minyak curah di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta (Rabu 9/3/2022) Kemendag dan BUMN menyediakan sebanyak 8000 liter minyak goreng untuk didistribusikan (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pangan, ID Food akan menggelontorkan jutaan liter minyak goreng (migor) ke pasar. Migor tersebut dipasok oleh BUMN perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

“Di internal BUMN, dari PTPN berkomitmen 30 juta liter per bulan. Tahap pertama 15 juta. Memang, sebagian besar vesselnya itu tiba mid-April. Kami akan sampaikan perkembangan distribusi dan penyebaran migor yang dilakukan ID Food, terutama ke daerah Timur dan Tengah Indonesia,” kata Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan saat rapat dengar pendapat Komisi IV DPR bersama Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (4/4/2022).

Frans mengatakan, hingga saat ini, ID Food belum mendapatkan penugasan terkait distribusi migor.

“Yang kami lakukan saat ini adalah kerja sama dengan swasta, yang mempunyai refinery. dimana memang banyak di Indonesia Barat. Kami bekerja sama dengan produsen, menyalurkan migor, baik melalui tangki produsen di lokasi atau mobilisasi dengan kapal yang kami sewa,” kata Frans.

Untuk di Jawa Timur, ujarnya, ID Food mendapat pasokan 2 ribu ton.

“Yang menjadi kesulitan kita itu penyaluran antarprovinsi dimana sering kali produsen itu kendalanya di ongkos angkut,” kata Frans.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *