Sinergi PTPN VIII dan Kodam III/Siliwangi dalam pengamanan Lahan PTPN VIII

Sinergi PTPN VIII dan Kodam III/Siliwangi dalam pengamanan Lahan PTPN VIII

BANDUNG – Banyaknya lahan-lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII yang dikuasai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga Dalam upaya mengembalikan lahan-lahan tersebut, PTPN VIII menggandeng Kodam III/Siliwangi. Dan juga dalam mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo SIP terus melakukan berbagai upaya dan cara diantaranya pemanfaatan teknologi mikroba Bios 44 DC di beberapa wilayah jajarannya. Pangdam III Siliwangi Mayjen (TNI) Kunto Arief Wibowo hadir ke salah satu titik di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada survei yang dilakukan Jumat (16/9/2022).

Kali ini Bios 44 DC inovasi Pangdam III/Slw, diaplikasikan pada lahan perkebunan seperti kebun kopi, teh dan kentang di puluhan hektar areal lahan PTPN VIII.

Diakui dia, dalam proses pengembalian lahan akan dilakukan dengan damai tanpa ada kekerasan sehingga prosesnya tidak memicu kegaduhan. Pangdam III/Siliwangi, Mayjen (TNI) Kunto Arief Wibowo mendukung PTPN VIII untuk meraih kembali lahanlahan milik perusahaan karena telah terjadi aktivitas penanaman sayur-sayuran oleh pihak lain dengan perputaran modal yang cukup besar. “Ini adalah langkah yang baik karena memperjelas kepemilikan pada sektor tertentu di Pangalengan yang selama ini dikuasai pihak lain dengan solusi yang baik untuk semua pihak,” ucapnya.

Dian Hadiana selaku SEVP Manajemen aset PTPN VIII Malabar juga mengatakan, sebagian besar kebunnya akan dicoba menggunakan Bios, selama ini banyak menggunakan pupuk kimia yang menurutnya jika terus digunakan akan merusak struktur tanah, diharapkan dengan penggunaan pupuk Bios akan memperbaiki struktur tanah juga produktifitas akan semakin meningkat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *